laman

Selasa, 24 Juli 2012

Jika harimau dan singa bertarung, siapa yg menang?


pertarungan dua kucing besar, harimau dan singa,sudah terjadi. lebih sering dari yang anda bayangkan.pada zaman romawi Colosseum sering mempertunjukan pertarungan antara singa afrika dan harimau asia untuk menghibur penonton.

beberapapertarungan pernah diadakan pada awal abad ke 20, dan pada beberapa kali pada zaman modern pertarungan antara spesies yang tidak disengaja dikebun binatang berakhir dengan pemandangan berdarahyang dipastikan akan membuat anak-anak taruma seumur hidup.

tetapi bagaimana hasil pertarungan antara singa melawan harimau?
pernyataan tidak resmi dari pernyataan sejarah menyatakan bahwa harimau lebih banyak menang pada zaman romawi kuno, dan pada zaman sekarang juga seperti itu,meski tidak selalu.

singa dan harimau memeliki kelebihan masing-masing dan hasi dari sebuah pertandingan tergantung penuh pada individu hewan.pengalamannya,gaya bertarung,dan fisiologi, kata craig saffoe,seorang ahli biologidi kebun binatang smithsonian zoo di Washington D.C
"tetapi jika diminta bertaruh aku akan bertaruh untuk harimau ujar craig"

pertama,walaupun harimau jenis tertentu lebih besar dari singa manapun,kedua spesies itu biasanya hampir sama besar,meski ukurannya bervariasi,craig menyatakan bahwa rata-rata ukuran singa jantan afrika dan harimau bengal dewasa memiliki berat sekitar 400 sampai 420 pounds  (180-190kg).

surai (bulu tekuk) pada singa memberikan keuntungan fisik, menurut craig baju zirah alami tersebut dapat melindungi leher mereka. singa jantan memang dirancang untuk bertarung."singa lebih bersifat sosial dari pada harimau,jadi ketika beranjak dewasa,singa lebih banyak bermain ala pertarungan karena singa berlatih untuk menjadi singa dominan,sementara harimau dapat melewati sepanjang hidupnya tanpa mengalami satu pertarunganpun" katanya.

walaupun pengalaman bertarung singa tua akan membuatnya lebih tangguh, namun sifat sosial tersebut juga kelemahan terbesarnya ketika bertarung melawan harimau.

menurut Lion Research center di University of minnesota,kumpulan dari tiga singa jantan biasanya bertarung sebagai kelompok ketika ada yang mengganggu wilayah mereka,sementara harimau selalu melakukannya sendiri.perbedaan tersebut mempengaruhi insting dari kedua spesies tersebut.

"Apa yang saya lihat dari harimau adalah mereka lebih agresif,mereka langsung mengincar leher,mereka langsung berniat membunuh"kata craig.sementara singa lebih seperti ingin memukulmu dan sedikit bermain denganmu.singa mungkin sempat sedikit bermain-main karena mereka memiliki singa lain yang menjaganya.

sementara harimau tidaak bisa seperti itu.mungkin karena dikondisikan melalui evolusi untuk tidak bergantung pertolongan pada siapapun dan selalu ingin membunuh dengan cepat.kesadisan itulah yang memberi harimau kelebihan.

sebelum kita mengambil kesimpulan, ada baiknya kita memasuki kucing besar lainnya kedalam arena.bagaimana peluang jaguar amerika melawan singa dan harimau? bagaimana dengan macan tutul dan cheetah?

menurut craig,peringkat dari apda kucing besar adalah sebagai berikut: diperingkat teratas ada harimau,singa, dan jaguar,dan setelah mereka dari yang paling atas adalah macan tutul,cougar,macan tutul salju,dan cheetah."pertarungan yang menarik mungkin terjadi antara harimau bengal ukuran besar dengan jaguar jantan berukuran besar.karena kedua hewan tersebut memiliki tempramen,kecepatan,ukuran,dan kekuatan yang hampir sama".kata craig


Macan tutul adalah kdua hitamnya. "jangan remehkan macan tutul,mereka kecil tetapi sangat kuat dan petarung yang unggul".kata craig."siapa yang tahu,seekor macan tutul mungkin bisa berubah menjadi mesin pembunuh dan menumbangkan singa dan harimau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar